Ujian MKU Mahasiswa UNY Memanfaatkan Elearning

Ujian semester ganjil mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta tahun akademik 2014/2015 telah dimulai sejak tanggal 6 Januari 2015 dan salah satu mata kuliah adalah mata kuliah umum atau MKU. Yaitu terdiri atas mata kuliah pendidikan kewarganegaraan, pendidikan agama Islam dan pendidikan Pancasila.

Sesuai surat edaran yang dibuat oleh bagian akademik Universitas Negeri Yogyakarta adalah bahwa pelaksanaan ujian semester ganjil tahun 2014/2015 ini dilakukan secara online menggunakan aplikasi elearning yang sudah dikembangkan oleh tim pengembang UPT Pusat Komputer.

Maka konsekuensinya adalah seluruh pegawai UPT Pusat komputer terlibat dalam pelaksanaan ujian MKU sebagai pendamping teknis. Namun tentu saja diatur sesuai jadwal pelaksanaan ujian MKU itu sendiri selama 10 hari. Ytiu dimulai tanggal 6 Januari hingga tanggal 16 Januari 2015.

Ujian MKU online dilaksanakan di gedung layanan internet mahasiswa (Limuny) UPT Pusat komputer UNY. Dengan daya tampung sebanyak 250 mahasiswa setiap sesi, maka dalam satu hari diatur pelaksanaan ujian sebanyak 5 sesi. Yaitu sesi pertama dimulai pukul 07.00 s/d pukul 09.00, kemudian sesi kedua pukul 09.00 s/d pukul 11.00, sesi ketiga pukul 11.00 s/d pukul 13.00, sesi keempat pukul 13.00 s/d pukul 15.00, dan sesi kelima pukul 15.00 s/d pukul 17.00 WIB.

Pada awal mulai mengerjakan banyak mahasiswa yang mengalami kendala terutama mengenai nama email dan password student yang dimilikinya. Sebagian besar lupa karena sama sekali belum pernah memanfaatkan email student yang dimiliki. Padahal email ini didapatkan oleh mahasiswa pada saat registrasi menjadi mahasiswa UNY. Dan salah satu fungsinya sebagai akun untuk login ke aplikasi elearning yang digunakan ujian MKU. Namun demikian tim teknisi UPT Pusat komputer sudah menyediakan panduan teknis pelaksanaan ujian secara detil. Sedangkan mengenai password email yang lupa mahasiswa bia langsung me-reset password emailnya melalui menu reset password mahasiswa yang terdapat dalam aplikasi registrasi online dengan alamat http://registrasi.uny.ac.id.

Selain kendala email, beberapa kali aplikasi mengalami gangguan teknis berupa loading yang lambat, bahkan sempat terjadi bad gateway alias terjadi gangguan pada server elearning itu sendiri sehingga semua tidak dapat melanjutkan ujian untuk beberapa saat. Akan tetapi hal itu pun langsung dapat ditangani oleh tim teknisi dengan cepat. Sampai berita ini dipublish kegiatan ujian MKU Online masih berlangsung dan lancar tanpa ada halangan yang berarti, bahkan terasa lebih cepat loading aplikasinya.

Error | UPT Pusat Komputer Universitas Negeri Yogyakarta

Error

The website encountered an unexpected error. Please try again later.