Study Banding UKSW di UPT Puskom

Selasa 21/10/2014 UPT Pusat Komputer kedatangan tamu sebanyak 11 orang dari Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Sesuai perihal di dalam surat yang dilayangkan kepada Kepala UPT Puskom bahwa mereka akan melakukan study banding tentang infrastruktur data center beserta sistem informasi yang dibangun di Universitas Negeri Yogyakarta.

Kegiatan studi banding ini dilatarbelakangi rencana dari Univeritas Kristen Satya Wacana yang akan membangun infrastruktur teknologi informasi dan sistem informasi dalam waktu dekat ini. Dan kebetulan sistem informasi maupun infrastruktur data center di Universitas Negeri Yogyakarta salah satu merk yang dipakai adalah cisco maka kunjungan ini juga atas rekomendasi dari pihak cisco yang selanjutnya digandeng akan membangun jaringan di Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Kurang lebih pukul 10.00 WIB rombongan tiba di UPT Pusat Komputer dan langsung disambut oleh Widi Santosa, SE selaku kepala sub bagian tata usaha UPT Puskom. 

Mengawali kegiatan kunjungan yang terdiri dari 2 tim, yaitu tim Teknologi Informasi yang menangani bidang networking dan tim sistem informasi yang lebih konsen dalam mengembangan aplikasi / sistem informasi, menerima berbagai penjelasan dari Totok Sukardiyono, M.T selaku Kepala Divisi Jaringan Komputer dan Komunikasi. Kegiatan penerimaan sekaligus pemaparan awal berlangsung di ruang rapat atau ruang pelatihan UPT Pusat Komputer. Kurang lebih 30 menit penjelasan awal berakhir dan dilanjutkan dengan mengunjungi secara langsung infrastruktur data center yang berada di lantai 4 gedung LPPMP UNY. 

Segala seluk beluk data center dijelaskan langsung oleh Arif Kurniawan, ST selaku teknisi utama networking di UNY.

Setelah dirasa cukup mengenal secara langsung keberadaan data center yang dikembangkan di UNY romgongan pun kembali ke ruang pertemuan UPT Pusakom untuk selanjutnya bertukar ilmu tentang sistem informasi yang dikembangkan.

Namun sebelum paparan mengenai sistem informasi acara break sebentar untuk istirahat dan makan siang. Kemudian dilanjutkan penjelasan tentang semua sistem informasi yang dikembangkan di UNY oleh Candra R. Atmaja, S.Pd dan dibantu tim programmer yang lain.

Selanjutnya sekitar pukul 13.30 WIB rombongan pun pamitan pulang dengan secara simbolis menyerahkan kenang-kenangan kepada UPT Puskom dan foto bersama.