UNY DIPERCAYA SEBAGAI LOKASI TES CPNS

Universitas Negeri Yogyakarta meraih kepercayaan dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dari Kabupaten Banyumas, Cilacap, Purbalingga, Kebumen, Banjarnegara dan Rembang untuk menyelenggarakan Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN) bagi calon PNS di keenam kabupaten tersebut. Menurut Kepala Biro AKK UNY Setyo Budi Takarina, titik lokasi tes UNY akan dihadiri oleh BKD, Inspektorat dan Kominfo. “UNY selain menyediakan tempat tes juga termasuk menyiapkan berbagai hal, sedangkan Inspektorat dan Kominfo sebagai pengawas ujian” kata Setyo Budi Takarina. Menurutnya ada tiga tim dalam kegiatan ini yaitu UNY sebagai penyedia tempat, panitia daerah yang terdiri dari BKD dari keenam kabupaten dan BKN sebagai penyelenggara CAT. Kegiatan ini berlangsung selama satu bulan.

Kabupaten Banyumas mendapat giliran pertama tes CAT di UNY pada Selasa (28/1) dengan peserta sebanyak 6.659 orang. Sekda Kabupaten Banyumas Wahyu Budi Saptono mengatakan formasi CPNS di Kabupaten Banyumas akan memperebutkan 377 posisi. “Pemerintah Kabupaten Banyumas menyampaikan ucapan terimakasih pada UNY yang telah memfasilitasi pelaksanaan tes ini” kata Wahyu Budi Saptono. Sekda juga mengapresiasi niat dan minat untuk mengabdi sebagai PNS di Kabupaten Banyumas dan berpesan pada peserta agar memenuhi semua ketentuan tes, tertib dan konsentrasi. Harapannya semua peserta tes dapat menunjukkan prestasi terbaiknya karena sangat transparan dan tidak ada KKN, sebab hasilnya bisa dilihat setelah peserta mengikuti tes.

Kegiatan CAT dipusatkan di UPT TIK UNY dengan menyediakan 300 unit komputer. Total peserta CAT titik lokasi UNY sejumlah 42.280 orang dari enam kabupaten. Selain Kabupaten Banyumas, Kabupaten Cilacap dijadwalkan menjalani CAT sejak (1/2) hingga (10/2) dan diikuti 13. 061 orang, Kabupaten Purbalingga diikuti 6.723 orang mulai (10/2) hingga (15/2), Kabupaten Kebumen diikuti 5.462 orang mulai (15/2) hingga (19/2), Kabupaten Banjarnegara diikuti 4.610 orang mulai (19/2) hingga (22/2) dan Kabupaten Rembang diikuti 5.765 orang mulai (23/2) hingga (26/2). Selain keenam kabupaten tersebut UNY juga diberi kepercayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai titik lokasi tes CPNS nya. (Dedy)