Sosialisasi Penawaran Avaya

Avaya merupakan perusahaan yang bergerak bidang communication and collaboration solution, yaitu solusi dalam hal komunikasi secara modern di era kemajuan teknologi sekarang ini. Keberadaan Avaya dapat menggantikan teknologi jaringan telephon kantor yang sudah ada sejak lama yaitu sering kita sebut teknologi PABX. Jaringan telephon yang menghubungkan satu ruang dengan ruangan lainnya pada area network lokal. Misalnya di perkantoran, dan gedung-gedung universitas.

Sosialisasi Avaya secara langsung disampaikan oleh Tim yang terdiri dari tiga orang dan langsung dari kantor Avaya pusat di Jakarta. Sedangkan dari UPT Pusat Komputer dihadiri oleh beberapa teknisi jaringan dan perwakilan dari Kasubag Umum UNY Bapak Winarso.

Kegiatan sosialisasi program Avaya ini berlangsung pada hari Rabu, tanggal 18/02/2015 di ruang pelatihan gedung UPT Pusat Komputer Universitas Negeri Yogyakarta.

Teknologi yang diusung oleh Avaya adalah berupa ekstensi telephon IP, yaitu penerapan penomoran ekstensi nomor telephon dengan sistem Internet Protocol (IP), tidak lagi menggunakan jaringan kabel telephon. Untuk itu ketika jaringan sudah berjalan melalui IP, maka apapun perangkatnya dapat memanfaatkan jalur komunikasi ini.

Apabila komunikasi dalam jaringan lokal kantor semula menggunakan pesawat telephon analog, maka dengan teknologi yang ditawarkan Avaya tersebut, komunikasi bisa juga dilakukan menggunakan perangkat Hanphone, PC maupun Notebook. Sepanjang ada jaringan internet yang menghubungkan. Selain itu, kelebihan teknologi ini tidak hanya terbatas pada jaringan lokal saja, namun bisa diakses dimanapun user yang memiliki nomor ekstensi berada menggunakan jaringan internet.

Sebagai ilustrasi, misalkan si A memiliki perangkat Handphone yang telah diatur ekstensinya sesuai nomor ekstensi yang berada di kantornya, maka ketika si A ini dihubungi oleh seseorang dan menekan nomor ekstensinya, selanjutnya Hanphone yang berada ditangannya akan ikut berdering setelah 3 atau 5 dering telephon kantor tidak diangkat (bisa diatur).

Selain dapat digunakan sebagai komunikasi menggunakan suara (voice) teknologi ini juga mendukung komuniasi gambar (video call), yang pada tingkat lanjut bisa dimanfaatkan untuk video converencing. Yaitu komunikasi lebih dari satu user yang bisa terlihat melalui jalur video setiap user yang terhubung.

Tentu saja hal ini direspon sangat bagus oleh Biro Umum UNY yang diwakili Bapak Winarso, akan tetapi masih perlu juga diadakan sosialisasi tingkat lanjut untuk mengenalkan Avaya kepada para petinggi Universitas Negeri Yogyakarta. Dan apabila dapat disetujui maka penerapan teknologi Avaya pun segera diwujudkan di UNY.

Error | UPT Pusat Komputer Universitas Negeri Yogyakarta

Error

The website encountered an unexpected error. Please try again later.