Ujian MKU Online di Limuny

Mata Kuliah Umum atau disingkat MKU merupakan mata kuliah yang wajib diambil oleh seluruh mahasiswa UNY. Sedangkan proses evaluasinya pun kini sudah distandarkan dengan metode ujian MKU secara online untuk seluruh fakultas dan program studi.

Hal ini berawal karena mata kuliah yang sama namun belum adanya standarisasi baik kurikulum maupun evaluasi atau penilainnya. Untuk itu secara serentak dan sepakat seluruh dosen pengampu mata kuliah umum melakukan ujian secara terpadu.

Setiap dosen membuat dan menyerahkan naskah soal kepada programmer kemudian diacak dan diambil sebanyak 60 soal yang nantinya menjadi soal untuk dikerjakan oleh seluruh mahasiswa secara online.

Mata kuliah umum terdiri dari Pancasila, Pendidikan Kewarganegaraan dan Pendidikan Agama Islam.

Ujian dimulai hari Senin tanggal 23/6/2014 hingga hari Jum`at tanggal 27/6/2014 bertempat di gedung Layanan Internet Mahasiswa UNY (LIMUNY). Dengan kapasitas gedung dan pc dapat menmpung kurang lebih 200 mahasiswa setiap session, maka dengan alokasi waktu 90 menit setiap hari terbagi menjadi 5 session.

Dalam pelaksanaan ujian MKU online tersebut sempat beberapa session ujian mengalami kendala teknis berupa disconnectnya aplikasi dengan database yang berada di data center Universita Negeri Yogyakarta, akhirnya terjadi penundaan waktu dalam mengerjakan soal hingga sore menjelang maghrib melebihi jadwal yang sudah disusun.

Dengan kendala yang ada akhirnya seluruh teknisi UPT Puskom pun dilibatkan untuk membantu kelancaran ujian MKU secara online tersebut, walaupun sebelumnya sudah terjadwal dengan rapi namun ternyata dengan pembagian personil teknisi dalam jadwal tersebut masih kewalahan dalam menangani seluruh peserta ujian.

Error | UPT Pusat Komputer Universitas Negeri Yogyakarta

Error

The website encountered an unexpected error. Please try again later.