Pelatihan ICT Susulan tahun 2012

Sabtu 19 Januari 2013 pukul 07.00 Mahasiswa UNY Angkatan 2012 mulai berdatangan ke gedung LIMUNY komplek UPT PUSKOM UNY untuk mengikuti pelatihan ICT susulan tahun 2012. Kegiatan ini di ikuti tidak kurang dari 200 mahasiswa angkatan 2012 dibagi menjadi 2 kelompok di Ruang 1 dan 2 gedung LIMUNY.  Pelatihan ICT ini terdiri dari pengenalan sistem perpustakaan online, Sistem informasi Akademik (SIAKAD), pelatihan pembuatan blog dan email, dan pelatihan Elearning (Be-Smart), Pemateri dalam pelatihan ini yakni bapak Sugeng Sutarto, S.Pd., Sukarjono, S.Sos., Deni Ardianto, M.Pd., Kurwari Hernawati, M.Kom., Ariadie Chandra Nugraha, M.T., Dr. Eko Marpanadji., Wahyudiati, S.Sos., Supardi, M.Pd., Nur Hadi, M.Si., Ali Muhson, S.E.


Di ruang 1 Tepat pukul 08.00 Bapak Sugeng Sutarto sebagai Kabag informasi memberikan penjelasan mengenai data mahasiswa yang ada di UNY ternyata masih banyak yang belum lengkap, untuk angkatan 2012 sendiri sekitar 400an mahasiswa data pribadinya belum terisi lengkap, beliau menghimbau agar setiap mahasiswa mengisi biodata pribadi dalam sistem informasi akademik (SIAKAD) sebagai informasi data diri mahasiswa sampai lulus, dan jika ada perubahan data pribadi seperti alamat atau nomor telepon diharapkan data harus selalu di update.

Sesi kedua oleh Bapak Sukardjo, S.Sos., menjelaskan saat ini perpustakaan UNY mengembangkan sistem perpustakaan online dan jurnal berlangganan. Jurnal berlangganan secara online ini agar dimanfaatkan secara maksimal oleh mahasiswa, untuk dapat mengakses jurnal online ini harus memasukkan  password jurnal berlangganan, password  ini  setiap bulan akan berubah. Passwor baru di tiap bulannya dapat dilihat di UPT Perpustakaan UNY. Dan bagi ada mahasiswa yang ingin membaca buku secara langsung di UPT Perpustakaan, layanan perpustakaan buka 7 hari kerja.

Sesi ketiga Bapak Deni Ardianto, M.Pd., menjelaskan mengenai pengenalan SIAKAD (Sistem Informasi Akademik) yang digunakan di UNY, sistem perkuliahan dilaksanakan dgn sistem semester yakni semester ganjil, genap,dan khusus. SIAKAD bisa diakses dari jaringan internet dimanapun password standar sebaiknya harus langsung diganti. Mahasiswa juga dikenalkan berbagai menu yang ada di dalam  SIAKAD.

Sesi keempat Ibu Kuswari Hernawati, M.Kom  menjelaskan mengenai email student dan blog student, agar dimanfaatkan oleh mahasiswa. dalam pembuatan blog student pada saat pendaftaran harus menggunakan email uny , karna blog student merupakan hanya dapat dimiliki oleh mahasiswa uny.

Sesi keempat Bapak Ariadie Chandra Nugraha, M.T. menjelaskan tentang pengenalan elearning  Be-smart yakni sistem pembelajaran online, dalam sesi ini setiap mahasiswa mencoba login dengan user masing-masing kemudian mahasiswa mencoba mengirimkan tugas sebagai latihan. Bapak Ariadie juga mejelaskan Be-smart UNY pernah meraih penghargaan dari Pustekkom Kemdiknas, yakin pada tahun 2009 Program Pembelajaran berbasis Web terbaik kategori interaktivitas dan Juara 1 Kategori penghargaan elearning perguruan tinggi pada tahun 2010.

Pelatihan ini berakhir pada pukul 12.00 WIB, setiap mahasiswa yang mengikuti pelatihan ini mendapatkan buku panduan ICT, diharapkan dari pelatihan ini setiap mahasiswa mampu memanfaatkan secara maksimal berbagai sistem baik perpustakaan online, jurnal berlangganan, email student, blog student, SIAKAD dan Be-Smart.(/lutfi)