Verifikasi SNMPTN UNY 2015

Selasa, 9/06/2015 merupakan hari yang lumayan sibuk bagi setiap pegawai Universitas Negeri Yogyakarta. Pasalnya pada hari ini ada agenda besar yang dilaksanakan secara bersamaan. Yaitu ujian tulis program penerimaan Mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN dan Verifikasi calon mahasiswa UNY yang telah lolos seleksi jalur SNMPTN.

SBMPTN adalah singkatan dari Seleksi Bersama masuk Perguruan Tinggi Negeri. Seleksi SBMPTN menggunakan tes tertulis dan tes ketrampilan sebagai sistem penilaian. Teknis SBMPTN dirumuskan oleh tim panitia Ad Hoc SNMPTN pusat akan disosialisasikan pada Februari 2013. Dan sistem tes mandiri akan diberikan pada masing-masing PTN. Pada tahun ini, PTN wajib menerima minimal 60% peserta didiknya melalui SNMPTN. Sedangkan sisanya, terserah dari masing-masing PTN, dapat melalui SBMPTN maupun ujian Mandiri.

Berbeda dengan jalur Snmptn, untuk jalur SBMPTN peserta diharuskan membayar biaya tes dan pelaksana akan dilakukan secara regional oleh kepanitian yang dibentuk beberapa PTN terdekat.

 

Pada tahun 2015 ini UNY telah menerima kurang lebih 700 calon mahasiswa dari jalur SNMPTN non bidikmisi  dan 400 calon mahasiswa dari jalur SNMPTN bidikmisi. Semua dilakukan verifikasi berkas pada hari yang sama. Bersamaan juga dengan jadwal seleksi tes tulis jalur SBMPTN. 

Sebagi petugas verifikasi mahasiswa baru jalur SNMPTN UNY melibatkan seluruh pegawai dibawah struktur biro akademik dan dilaksanakan di dua tempat yang terpisah. Untuk jalur Bidikmisi, verifikasi berlangsung di Gedung Tennis Indoor UNY, sedangkan jalur Non Bidikmisi dilaksanakan di Auditorium UNY.

 

Dikarenakan UPT Pusat Komputer masuk ke dalam struktur biro akademik, maka seluruh pegawai UPT Puskom terlibat sebagai petugas verifikasi. Disamping itu, sistem aplikasi yang digunakan untuk verifikasi dikembangkan oleh UPT Pusat Komputer.

 

Proses verifikasi ini wajib dilalui oleh setiap calon mahasiswa SNMPTN karena memang proses seleksinya menitikberatkan pada prestasi yang dimiliki setiap calon mahasiswa. Salah satu point pokok yang perifikasi adalah nilai raport dari kelas X (sepuluh) s/d kelas XII (dua belas) semester 2.

 

Error | UPT Pusat Komputer Universitas Negeri Yogyakarta

Error

The website encountered an unexpected error. Please try again later.