UPT Puskom UNY Menjadi Call Center Pelaksanaan TOEP

Test of English Proficiency, atau disingkat TOEP adalah tes  kemahiran  berbahasa  Inggris,  yang  diselenggarakan dengan sistem online. Tes ini mengukur tingkat kemampuan berbahasa  Inggris,  utamanya  kemampuan  memahami  isi teks  lisan  dan  tertulis,  baik  yang  tersirat  maupun  yang tersurat..

Dengan  sistem  online  ini, semua soal disajikan lewat layar monitor dan dikerjakan langsung pada layar tersebut dengan mengikuti  perintah  lisan  yang  diperdengarkan  lewat headphone  dan/atau  perintah  tertulis  yang  tersaji  dalam layar.  Jadi,  dalam  mengerjakan  tes  ini  peserta  bersandar sepenuhnya pada kerja perangkat peralatan elektronik yang telah tersedia di meja tes. Oleh sebab itu, peserta tidak perlu membawa alat tulis apapun untuk mengerjakan tes; bahkan dilarang  membawa  alat  apapun  ke  meja/tempat  duduk  tes agar konsentrasi tidak terganggu.

Tes  TOEP  diselenggarakan  oleh  Pusat  Layanan  Tes Indonesia  (PLTI),  dengan  TEFLIN  sebagai  penanggung jawab terhadap substansi dan Tim TI sebagai pen anggung jawab  terhadap  sistem  teknik  online.  TEFLIN  adalah singkatan  dari  the  Association  of  Teaching  English  as  a Foreign  Language  in  Indonesia),  suatu  organisasi  profesi yang beranggotakan dosen-dosen bahasa dan sastra Inggris dan instruktur bahasa Inggris di seluruh Indonesia, sebagai anggota  perorangan,  dan  lembaga  pendidikan  yang bergerak  dalam pendidikan  dan pengajaran  bahasa  Inggris sebagai  bahasa  asing  di  Indonesia  sebagai  anggota kelembagaan.

PLTI  melaksanakan  tes  TOEP  dengan  berkolaborasi  dan bekerja sama dengan  Pusat Layanan Tes  (PLT) yang ada di  perguruan  tinggi,  yang  telah  menyatakan  kesediaannya untuk  bekerjasama  dengan  memenuhi  persyaratan  teknis yang  telah  ditentukan demi  kelancaran  jalannya  tes  online. Selain  itu,  kerja  PLTI  dalam  menyelenggarakan  tes  juga didukung oleh layanan Call Centre.

Pada kesempatan ini UPT PUSKOM UNY menjadi PLT dan selanjutnya menyelenggarakan layanan Call Centre yang melayani segala permasalahan terkait TOEP.

Dimotori oleh Rusnandar, A.Md. dan dibantu beberapa mahasiswa selaku Customer Service, serta para teknisi UPT Puskom UNY layanan call centre pun dapat berjalan lancar. Meskipun masih ditemui beberapa kendala terkait sistem namun hal itu bisa ditangani dengan cepat.

Error | UPT Pusat Komputer Universitas Negeri Yogyakarta

Error

The website encountered an unexpected error. Please try again later.