Rapat Koordinasi Persiapan Sosialisasi SSO

Single Sign On (SSO) merupakan suatu teknologi yang memungkinkan seorang pengguna dapat mengakses beberapa atau semua sistem informasi (aplikasi) yang ada hanya dengan menggunakan satu akun saja, misalnya akun Email atau akun Facebook dan lain-lain. Jadi dengan teknologi ini seorang pengguna hanya cukup melakukan satu kali proses otentikasi untuk memperoleh ijin mengakses aplikasi-aplikasi yang ada.

Dengan banyaknya sistem informasi yang telah dikembangkan dan berjalan di lingkungan Universitas Negeri Yogyakarta, maka sudah menjadi keharusan teknologi SSO untuk diterapkan. Karena user yang terdiri dari pegawai, dosen, dan mahasiswa akan kesulitan apabila harus mengingat akun-akun berbeda untuk masing-masing sistem informasi. Misalnya Besmart, Staff site, Presensi Online, Ujian online, uny mail dan lainnya.

Meskipun belum semua sistem informasi diterapkan SSO karena beberapa beberapa alasan teknis maupun keamanan data, bisa dibilang UPT Pusat Komputer telah siap untuk mensosialisasikan sistem informasi mana saja yang sudah didukung oleh SSO. Untuk itu beberapa kali diadakan rapat koordinasi intern pegawai UPT Pusat Komputer maupun rapat dengan jajaran yang lebih tinggi di rektorat mengenai persiapan sosialisasi SSO yang akan dilakukan.

Berbagai hal perlu dipersiapkan termasuk para penanggungjawab sesuai bidangnya masing-masing. Agar ketika teknologi SSO tersebut disosialisasikan kepada seluruh civitas akademika UNY dapat meminimalisir kekurangan yang bisa terjadi.

Error | UPT Pusat Komputer Universitas Negeri Yogyakarta

Error

The website encountered an unexpected error. Please try again later.