Ujian MKU kembali digelar di Limuny

Proses perkuliahan Universitas Negeri Yogyakarta kini telah memasuki masa akhir semester genap tahun 2014/2015, ditandai dengan dilaksanakannya ujian akhir semester (UAS) genap tahun 2015. Salah satu mata kuliah yang teknik ujiannya menggunakan fasilitas UPT Pusat Komputer UNY adalah MKU (Mata Kuliah Umum). MKU terdiri dari mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan, Pancasila, dan Pendidikan Agama Islam (PAI). Ujian online MKU dilaksanakan menggunakan fasilitas layanan internet mahasiswa (limuny).

Mata kuliah MKU pada dasarnya dimanagemen tersendiri oleh salah satu bagian di LPPMP UNY, dan proses ujian onlinenya melibatkan UPT Pusat Komputer. Dikarenakan pada tahun ini pelaksanaan ujian online MKU dipusatkan di UPT Puskom untuk seluruh fakultas, maka tentu saja seluruh pegawai UPT Puskom terlibat dalam teknis ujian. Dan terutama bertindak selaku teknisi Ujian online menggunakan komputer. Sedangkan untuk pengawas adalah para dosen MKU yang ada di UNY.

Ujian online MKU berlangsung sejak hari Senin tanggal 8 s/d hari Kamis tanggal 18 Juni 2015. Dengan fasilitas yang ada di gedung Limuny berupa PC dekstop ternyata hanya mencukupi daya tampung 213 peserta dalam satu sesi. Hal ini dikarenakan banyak PC yang mengalami kerusakan sehingga tidak bisa digunakan. Padahal secara keseluruhan jumlah pc yang ada kurang lebih 250 PC.

Pada hari pertama dan sesi pertama ujian online berjalan sedikit lambat karena kebanyakan mahasiswa terkendala dalam hal lupa username dan pasword yang harus digunakan untuk login ke dalam sistem ujian online MKU ini. Namun masalah teknis ini bisa teratasi dengan panduan teman-teman teknisi dari UPT Puskom dan panduan yang sudah disediakan pada setiap meja.

Selain lupa username dan password, kendala lain adalah kapasitas ujian pada sesi pertama. Yaitu pada sebelumnya sudah dijadwalkan pada setiap sesi terdapat sebanyak 250 peserta ujian, namun ternyata PC yang bisa digunakan hanya sekita 213 PC saja. Maka peserta ujian pada sesi dan jam tersebut tidak mendapat tempat untuk ujian. Akhirnya menunggu peserta awal yang selesai duluan dan bergantian tempat duduknya. Dan tentu saja mekanisme ini berimbas pada sesi pada jam selanjutnya.

Maka dari itu, ada satu hal yang harus diperhatikan setiap mahasiswa agar lancar dalam setiap kegiatan akademik, terutama ujian online menggunakan fasilitas elearning UNY. Yaitu username dan password email yang sudah dimiliki selalu digunakan agar tidak lupa pada saat akan digunakan dalam hal penting. Karena, setiap mahasiswa yang sudah melakukan registrasi pada awal PMB sudah memperoleh fasilitas berupa email beserta resourcenya. Akan tetapi kebanyakan mahasiswa kurang bisa memanfaatkan email mahasiswa tersebut dalam segala hal urusannya. Baik secara pribadi maupun akademik.

Untuk masalah itu disediakan fasilitas reset password email mahasiswa di url http://registrasi.uny.ac.id

 

Error | UPT Pusat Komputer Universitas Negeri Yogyakarta

Error

The website encountered an unexpected error. Please try again later.