Verifikasi Portofolio SNMPTN 2016

Ada beberapa jalur bagi setiap lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sejajarnya untuk dapat menjadi mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Pertama, SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), Kedua, SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), dan Ketiga, jalur SM UNY (Seleksi Mandiri yang diselenggarakan UNY). Dan pada setiap jalur seleksi terdapat dua jalur yang dapat ditempuh oleh setiap calon mahasiswa, yaitu jalur bidikmisi dan non-bidikmisi.

Ditahap pertama jalur SNMPTN jalur bidikmisi setiap calon mahasiswa diharusnya mengirimkan portofolio berupa prestasi-prestasi yang sudah diraihnya sebagai syarat mendapatkan beasiswa bidikmisi dan dapat masuk ke UNY tanpa mengikuti tes tertulis. Terkait seleksi melalui jalur SNMPTN dan pengirimian portofolio setiap peserta, UPT Pusat Komputer mengembangkan sistem yang digunakan untuk menangani itu semua.

Tahapan pendaftaran melalui SNMPTN jalur bidikmisi sudah sampai tahap verifikasi portofolio. Kegiatan verifikasi tersebut dilaksanakan di gedung Layanan Internet Mahasiswa (LIMUNY) UPT Pusat Komputer yang berlangsung dari tanggal 7 sampai dengan tanggal 9 April 2016. Banyaknya animo pendaftar membuat para verifikator harus bekerja lebih ekstra agar dapat menyelesaikan tepat waktu. Tak jarang para verifikator mengakhiri kegiatannya hingga larut malam. Petugas verifikator berasal dari setiap petugas yang ditunjuk oleh masing-masik prodi atau fakultas. Dan tugas UPT Puskom hanya mendampingi secara teknis kegiatan yang berlangsung.

Fakultas FMIPA misalnya, portofolio yang masuk dan harus diverifikasi mencapai 1000 pendaftar lebih, begitu juga untuk Fakultas Bahasa dan Seni. Melalui sistem yang dibangun secara otomatis akan menghsilkan calon peserta yang lolos berdasarkan peringkingan nilai yang telah ditentukan berdasarkan beberapa kriteria yang sudah ditetapkan. Baik itu portofolio berupa sertifikt juara, karya berupa slide PPT, atau video keahlian yang dikirimkan.

Error | UPT Pusat Komputer Universitas Negeri Yogyakarta

Error

The website encountered an unexpected error. Please try again later.