Ujian Pendalaman Materi KKN 2014

Bertepatan dengan berakhirnya masa perkuliahan semester genap 2014 ini UNY mengadakan kegiatan KKN-PPL bagi para mahasiswa yang ingin mengambil mata kuliah tersebut dan terjun langsung di masyarakat. Kegiatan kali ini akan terasa lebih istimewa karena bertepatan dengan Bulan Ramadhan 1435 H dan Pilpres 2014.

Menurut koordinator KKN Mandiri UNY, Tri Atmanto, M.Si. kegiatan ini akan berlangsung sejak 2 Juli hingga 17 September bagi peserta KKN-PPL, dan hingga 31 Agustus bagi peserta KKN saja. KKN-PPL akan dilakukan oleh mahasiswa prodi pendidikan sejumlah 4.026 orang dan KKN dilakukan oleh mahasiswa prodi non-kependidikan 846 orang. Lokasi KKN dan PPL tersebar di 10 kabupaten yaitu: Sleman, Bantul, Gunungkidul, Kulonprogo, Kota Yogyakarta, Klaten, Purworejo, Kota Magelang, Kabupaten Magelang dan Kota Surakarta.

Namun sebelum semua peserta KKN-PPL diterjunkan terlebih dahulu diadakan pembekalan di gedung LPPM UNY dan selanjutnya diadakan juga ujian pendalaman materi KKN-PPL secara online. Kegaiatan Ujian online berlangsung selama dua hari yaitu Sabtu dan Minggu tanggal 28 dan 29 Juni 2014 di gedung Layanan Internet Mahasiswa UNY (LIMUNY).

Dengan kapasitas PC sebanyak kurang lebih 210 unit yang bisa digunakan untuk ujian online maka selama dua hari dibagi menjadi 20 sesi. Satu hari 10 sesi, dan satu sesi adalah 1 jam karena harus melayani sebanyak 4.026 mahasiswa peserta KKN-PPL. Untuk itu kegiatan ujian secara online pun mau tidak mau melibatkan seluruh teknisi UPT Puskom demi membantu kelancaran ujian online tersebut.

Dalam pelaksanaan ujian pendalaman materi KKN-PPL secara online ditemukan beberapa kendala teknis dilapangan sehingga beberapa kali sesi harus ditunda pelaksanaannya dan diundur pada hari Senin tanggal 30 Juni 2014, yaitu macetnya sistem pada server sehingga aplikasi ujian tidak bisa terkoneksi dengan database. Selain itu banyak juga peserta ibu-ibu dan bapak-bapak terutama dari Fakultas Ilmu Keolahragaan yang masih sedikit gaptek (gagap teknologi) mengenai pengoperasian komputer.

Namun begitu secara keseluruhan kegiatan ujian pendalaman materi KKN-PPL secara online dapat terlaksana dengan baik, Dan semoga dengan pengalaman ini dikemudian hari pada kegiatan serupa bisa menjadi evaluasi dan akan menjadi lebih baik dalam pelaksanaanya.

Error | UPT Pusat Komputer Universitas Negeri Yogyakarta

Error

The website encountered an unexpected error. Please try again later.