Yuk Intip Progress Mingguan Puskom

Mulai bulan Maret 2014 ini, setiap hari Jumat diadakan rapat koordinasi UPT PUSKOM tidak lain untuk terus memonitor beberapa program yang sedang dikerjakan oleh tim programmer UPT Puskom UNY.

Hal ini sesuai arahan yang disampaikan Drs. Wardan Suyanto, M.A., Ed.D. selaku wakil rektor I agar progres apapun setiap minggunya untuk dilaporkan kepada pihak rektorat. Apa saja program tersebut ? berikut ulasan singkatnya.

1. Aplikasi Absensi online Dosen dan Mahasiswa

Melihat suksesnya aplikasi online untuk kepegawaian maka diharapkan aplikasi semacam ini juga dikembangkan untuk absensi Dosen dan Mahasiswa yang terintegrasi dengan program SIAKAD (Sistem Informasi Akademik) Universitas Negeri Yogyakarta. Progress minggu pertama ini sudah diselesaikan untuk tampilan front end beserta menu-menu serta report berupa halaman identitas yang bersangkutan beserta kode barcode untuk di scan menggunakan barcode scanner nantinya.

Namun diawal pengembangan ini masih difokuskan untuk aplikasi absensi online bagi para dosen Universitas Negeri Yogyakarta. Dan mengenai alur penggunaan aplikasi online untuk Dosen dan Mahasiswa akan kita sampaikan secara detail setelah aplikasi ini telah siap untuk dilauncing.

2. Aplikasi Email Student menggunakan akun nama bukan NIM

Email yang digunakan oleh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta saat ini masih menggunakan NIM@uny.ac.id sebagai akunnya. Hal ini mengakibatkan mahasiswa enggan untuk menggunakan atau membuka email yang dimilikinya. Karena selain penamaan yang terlalu sulit untuk diingat dan kurang "gaul" kata mahasiswa sekarang, resource nya pun cukup kecil. Akhirnya hanya dapat memuat beberapa email saja.

Maka dikembangkanlah email menggunakan nama mahasiswa yang bersangkutan layaknya nama email yang disediakan oleh penyedia email secara gratis di dunia maya. Dan progress minggu ini pun sudah dilaporkan bahwa aplikasi email ini terintegrasi dengan aplikasi Registrasi. Yaitu aplikasi pertama yang dipakai mahasiswa ketika mendaftarkan diri di Universitas Negeri Yogyakarta. Namun yang menjadi perdebatan cukup panjang adalah kombinasi nama yang nanti akan dipakai atau dipilih sebagai nama email mahasiswa bersangkutan. Apakah ditambahkan kode fakultas ? tahun Akademik ? atau tanpa kombinasi apapun ?.

Selain penamaan email, terkait resource pun nantinya akan ditambah menjadi lebih besar agar dapat memuat ratusan bahkan ribuan email.

Seperti apa hasilnya ? kita tunggu saja progress selanjutnya

3. Aplikasi Report Data Akademik

Data akademik yang sudah terangkum dalam aplikasi SIAKAD (Sistem Informasi Akademik) Universitas Negeri Yogayakarta versi 2013 ternyata belum ada menu reportnya. Hal inilah selanjutnya dikembangkan menu untuk menampilkan beberapa macam report untuk kebutuhan laporan akademik secara berkala.

Berapa jumlah mahasiwa, IPK tertinggi, rerata IPK setiap fakultas atau secara keseluruhan universitas dapat ditampilkan statistiknya secara mudah.

Minggu ini sudah diselesaikan menu Report untuk mengetahui jumlah mahasiswa setiap fakultas maupun program studi dengan range tahun yang diberikan.

Inilah tiga program yang sedang digarap oleh tim programmer Puskom Universitas Negeri Yogayakarta, semoga segera dapat diselesaikan dan tentu saja dengan adanya aplikasi ini akan lebih memudahkan dalam hal absensi bagi dosen dan mahasiswa serta penilainnya, aktifnya email mahasiswa, dan mudahnya melihat report akademik sesuai yang dikehendaki melalui aplikasi yang ada.

Error | UPT Pusat Komputer Universitas Negeri Yogyakarta

Error

The website encountered an unexpected error. Please try again later.