Kenalan Yuk dengan Data Center UNY

Pusat data atau lebih dikenal dengan istilah Data Center (inggris) adalah suatu fasilitas yang digunakan untuk menempatkan sistem komputer dan komponen-komponen terkaitnya, seperti sistem telekomunikasi dan penyimpanan data. Fasilitas ini biasanya mencakup juga catu daya redundan atau cadangan, koneksi komunikasi data redundan, pengontrol lingkungan (mis. AC, Ventiliasi), pencegah kebakaran dan prasarat lainnya.

 

Kemudian terkait data center yang dimiliki oleh Universitas Negeri Yogyakarta dan dikelola Unit Pelaksana Teknis Pusat Komputer apakah sudah memenuhi semua kriteria sebagai sebuah data center yang ideal dimiliki oleh sebuah universitas ? Berikut deskripsi secara lengkap keberadaan data center UNY tersebut.

KEAMANAN

Hal pertama dan paling utama tentu saja masalah keamanan. Baik keamanan secara fisik maupun keamanan system yang diterapkan dalam data center. 

Dari segi fisik Data center UNY memiliki beberapa lapis kemanan, mulai dari pengamanan oleh petugas security di pintu depan Gedung Data Center, kemudian adanya Finger Print system untuk membuka pintu ruangan data center, dan masih juga diterapkan finger print system ketika hendak memasuki ruang data center utama. Maka, selain petugas yang memiliki hak akses terhadap pintu data center tidak akan bisa memasukinya tanpa terlebih dahulu disetting sidik jarinya agar diterima oleh system untuk membuka kedua pintu tersebut.

SYSTEM PENDINGIN

Di dalam ruang utama data center diterapkan system pendingin udara ruangan yang berbeda dengan system Air Conditioner (AC) yang kebanyakan dipasang pada ruangan umumnya. System pendingan berupa alat menyerupai almari besar dan terdapat dua buah sebagai cadangan apabila pada salah satu mesin mengalami kerusakan. Mesin ini bekerja untuk menstabilkan suhu ruangan sesuai batas minimal yang telah disetting sebelumnya. Mengikuti hukum kelembapan udara, bahwa udara panas akan mengalir kebawah sedangkan udara dingin akan naik keatas, maka dalam ruang data center utama diterapkan system Rise Floor, yaitu lantai yang dinaikkan atau dengan kata lain bahwa lantai untuk menempatkan rak-rak server dibuat lebih tingga dari lantai sekitarnya. 

System rise floor ini tidak lain untuk mendukung kinerja alat pendingin yang secara otomatis akan menyerap udara panas disekitar lantai (atas) kemudian mengalirkan udara yang telah distabilkan suhunya melalui panel-panel dibawah lantai, sedangakn beberapa bagain lantai dibuat lubang-lubang kecil untuk keluarnya udara.

Keistimewaan alat ini adalah dapat bekerja secara otomatis apabila suhu ruangan berubah diakibatkan oleh beberapa orang yang memasuki ruangan tersebut. Maka secara otomatis suhu ruangan pun akan naik, dan suhu yang naik tersebut akan dinetralkan kembali oleh mesin sesuai suhu yang telah disetting semula.

SYSTEM PEMADAM KEBAKARAN

Mengenai system pemadam kebakaran yang diterapkan di ruang utama data center UNY adalah system pemadaman kebarakan menggunakan gas. Bahan gas digunakan tentu bukan tanpa alasan, karena apabila menggunakan bahan air maka apabila terjadi kebakaran dan disemprotkan air maka tentu saja perangakat server yang beruapa alat elektronik akan konsleting dan rusak. 

Kemudian dalam ruangan data center pun diterapkan dua macam sensor kebakaran. Pertama adalah berupa sensor asap dan kedua berupa sensor bau. Mengenai sensor asap kita sudah ketahui seperti sensor yang terpasang di gedung-gedung seperti hotel. Sensor akan bekerja ketika ada asap yang terdeteksi oleh sensor tersebut, dan otomatis akan disemprotkan gas untuk memadamkan api. Namun mengenai sensor bau masih jarang diterapkan kecuali pada ruangan khusus seperti data center. Apabila terjadi kebakaran misalnya kabel data, bahakn sebelum ada apai dan mengeluarkan asap sensor bau telah lebih dahulu mendeteksi adanya bau kebakaran yang tentu saja tidak dapat dilihati oleh mata telanjang. Maka gas pun akan disemprotkan untuk memadamkannya.\

Dan selama pemadaman ini tidak boleh ada orang di dalam ruang data center, karena bisa meninggal dunia apabila menghirup gas yang ada.

PENATAAN RUANGAN

Ada dua macam perkabelan yang ada didalam ruang data center. Yaitu kabel data atau networking dan kabel listrik. Keduanya pun dipisahkan akan mudah dalam maintenance. Kabel data networking diletakan di atas melalui jalur rak, sedangkan kabel listrik diatur untuk berada di bawah rak dan melalui jalur lantai yang sudah ditinggikan.

DAYA LISTRIK

Keberadaan data center tentu saja memerlukan daya listrik yang besar dan harus menyala secara terus menerus. Maka selain jalur listrik utama dari PLN masih terdapat jalur listrik yang bersumber dari Genset dan Baterai / UPS. UPS pun terdapat dua buah agar bisa bekerja secara optimal dan saling bergantian apabila terjadi listrik padam. Beikut gambar UPS yang ada di ruang data center UNY

Cukup besar bukan dibandingkan UPS-UPS yang banyak beredar dipasan untuk skala kecil ?

Demikianlah beberapa hal terkait data center yang ada di Universitas Negeri Yogyakarta. Tentu saja belumlah lengkap dan menyeluruh apa yang kami deskripsikan, namun secara global semoga bisa mewakili pengetahuan kita mengenai data center Universitas Negeri Yogyakarta. Kami pun baru mendeskripsikan data center dilihat dari segi fisiknya, belum mengenai semua system dan aplikasi yang dibackup langsung oleh data center. Mengenai hal itu silahkan simak artikel selanjutnya.

Error | UPT Pusat Komputer Universitas Negeri Yogyakarta

Error

The website encountered an unexpected error. Please try again later.