Pelatihan Elearning bagi Dosen-dosen UNY

Dalam rangka mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi untuk menunjang pembelajaran, UPT PUSKOM mengadakan pelatihan E-learning bagi dosen UNY. E-Learning UNY adalah sistem pembelajaran on-line terpadu menggunakan LMS (Learning Management System) Moodle. Sistem E-Learning ini telah berfungsi dapat diakses melalui alamat http://besmart.uny.ac.id.

Pelatihan ini dilaksanakan 6 hari yakni tanggal 14 November, 15 November, 18 November,  19 November, 25 November, dan tanggal 26 November , pelatihan ini diikuti sebanyak 62 peserta perwakilan dari dosen-dosen dari masing-masing fakultas. Pelatihan dibagi menjadi 2 gelombang pagi pukul  07.30 - 11.00 WIB dan siang pukul 13.00 - 17.00 WIB.

Pelatihan dibuka oleh Bapak Dr. Eko Marpanaji, MT. selaku Kepala UPT Pusat Komputer Universitas Negeri Yogyakarta, dengan pemateri pertama oleh bapak Adi Dewanto, M.kom yang menjelaskan E-learning dasar yakni pembuatan akun e-learning, dan login awal memulai menggunakan besmart UNY dan mengisi dan merubah profil dosen pada E-Learning. Be-smart UNY wajib menggunakan akun email UNY, jadi setiap dosen yang telah memiliki email UNY bisa memanfaatkan be-smart.

Hari kedua dengan pemateri bapak Didik Haryanto, MT menjelaskan praktek cara menambah mata kuliah baru, dan pengaturan mata kuliah, dosen peserta pelatihan mencoba membuat mata kuliah baru di be-smart UNY.  Setiap dosen dapat mengelola materi perkuliahan, yakni menyusun silabi, dan meng-upload materi perkuliahan.

Hari ketiga dengan pemateri Bapak Totok Sukardiyono menjelaskan cara dosen memberikan tugas melalui Be-smart UNY.  Bapak Totok Sukardiyono menjelaskan bahwa terkadang dosen memiliki kesibukan tersendiri dan harus meninggalkan kelas, untuk mengatasi hal tersebut dosen dapat memberikan tugas melaui pembelajaran on-line Be-smart.

Hari keempat dijelaskan cara membuat "kuis" dalam Be-smart UNY dengan pemateri Bapak Mahendra Adhi Nugroho, SE. M.Sc.  Kuis dalam moodle termasuk modul yang kompleks, tapi secara llogika kita dapat membagi sistem dalam dua bagian besar, yakni bank soal dan sajian kuis. Bank soal berfungsi untuk menyimpan koleksi soal. fasilitas ini bisa dipakai untuk merancang soal dalam bentuk pilihan ganda, benar-salah, essay, tertutup, hitungan, dan jawaban singkat.

Hari kelima dan keenam oleh Ibu Kuswari Hernawati, M.Kom dan bapak Dr. Eko Marpanaji, MT.  diisi dengan mereview materi-materi pelatihan dan cek mata kuliah yang telah dibuat oleh peserta pelatihan.

 

DOKUMENTASI

 

Error | UPT Pusat Komputer Universitas Negeri Yogyakarta

Error

The website encountered an unexpected error. Please try again later.