Pelatihan ICT Mahasiswa Baru Tahun 2015

Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau secara internasional dikenal dengan istilah ICT (Information and Communication Technology) sangat penting di era globalisasi saat ini. Penggunakan komputer untuk mengakses, mengolah, dan menyajikan informasi, baik secara individu maupun kelompok, intra network (intranet) maupun international network (internet) , merupakan kebutuhan primer. Penggunaan TIK/ICT memiliki keunggulan tersedianya informasi secara luas, cepat, dan tepat, adanya kemudahan dalam proses pembuatan administrasi dan dukungan teknologi untuk memudahkan proses belajar mengajar.

Sesuai dengan tuntutan tersebut, sebagai langkah awal pengembangan SDM, setiap mahasiswa baru UNY diberikan pembekalan TIK termasuk pengenalan sistem informasi akademik dan e-learning UNY. UNY memandang kemampuan tersebut perlu diberikan kepada mahasiswa baru, dengan harapan sejak awal mahasiswa dapat memanfaatkan TIK untuk mendukung segenap aktifitas akademik dan menunjang keberhasilan belajarnya, terlebih UNY saat ini juga mempunyai visi untuk menjadi kampus dengan layanan digital. Dalam rangka memwujudkan kampus dengan layanan digital tersebut, UNY telah menerapkan berbagai registrasi, pembimbingan akademik, dan sebagian layanan perkuliahan serta ujian secara on-line. 

Tujuan dari pembekalan TIK ini adalah untuk optimalisasi persiapan dan kesiapan mahasiswa dalam pengenalan situasi dan kondisi kampus, dan suasana akademik untuk mendukung pencapaian keberhasilan penyelesaian studinya.

Kegiatan pembekalan TIK dilaksanakan pada tanggal 5 - 20 September 2015m yaitu setiap hari Sabtu dan Ahad. Masing-masing fakultas sudah terjadwal dan diumumkan pada fakultas masing-masing. Pembekalan TIK tersebut dilaksanakan di gedung UPT Pusat Komputer tepatnya di ruang Layanan Internet Mahasiswa (Limuny). Karena selain materi berupa teori, mahasiswa juga diharusnkan mengikuti sesi prkatek dengan beberapa tugas yang wajib dikerjakan.

Pelatihan TIK meliputi beberapa wawasan TIK antara lain Besmart (e-learning UNY), Layanan perpustakaan UNY, berbagai Sistem Informasi Akademik seperti SIAKAD, dan Sistem Informasi Registrasi (Sireg), Pembuatan dan pengelolaan Blog, E-mail Student dan Ujian Online.