Verifikasi Portofolio dan Piagam SNMPTN 2015

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau biasa disingkat SNMPTN adalah salah satu bentuk jalur seleksi penerimaan mahasiswa untuk memasuki perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia.

Pada awalnya, SNMPTN terdiri dari dua jalur yaitu SNMPTN undangan (seperti PMDK) melalui nilai rapot dan SNMPTN tulis melalui ujian tulis. Pada tahun 2013, SNMPTN tulis diubah nama menjadi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). dan SNMPTN Undangan kemudian berganti nama menjadi SNMPTN (tidak pakai undangan) dengan kriteria seleksi penerimaan berdasarkan nilai rapot, nilai Ujian Nasional, dan prestasi akademis lainnya.

SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi SMA/MA dan SMK/MAK yang masa belajarnya 3 (tiga) tahun atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK/MAK yang masa belajarnya 4 (empat) tahun, dan portofolio akademik.

Pada tahun 2015 ini tahapan SNMPTN sudah memasuki tahap seleksi melalui mekanisme verifikasi oleh petugas atas semua pendaftar yang sudah melakukan registrasi dengan mengupload piagam dan portofolio.

Verifikasi portofolio dan piagam dilakukan oleh setiap kepala jurusan dan kepala program studi masing-masing fakultas dan bertempat di gedung Layanan Internet Mahasiswa (LIMUNY) UPT Pusat Komputer UNY. Kegiatan verifikasi tersebut berlangsung selama empat hari, yaitu dimulai hari Jum`at tanggal 10 April sampai dengan hari Selasa tanggal 14 April 2015. 

Selama pelaksanaan verifikasi seluruh pegawai UPT Puskom juga terlibat sebagai teknisi pendamping verifikasi. Hal ini dilatarbelakangi oleh sistem yang digunakan merupakan sistem yang dikembangkan oleh UPT Pusat Komputer UNY sendiri.

Dan selama empat hari tersebut kegiatan verifikasi dapat berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan oleh panitia pusat.

 

Error | UPT Pusat Komputer Universitas Negeri Yogyakarta

Error

The website encountered an unexpected error. Please try again later.