Ujian SM-3T Universitas Negeri Yogyakarta

Program SM-3T adalah Program Pengabdian Sarjana Pendidikan untuk berpartisipasi dalam percepatan pembangunan pendidikan di daerah 3T selama satu tahun sebagai penyiapan pendidik profesional yang akan dilanjutkan dengan Program Pendidikan Profesi Guru. Salah satu tujuan program Dikti ini adalah membantu daerah 3T dalam mengatasi permasalahan pendidikan terutama kekurangan tenaga pendidik. SM-3T adalah singkatan dari Sarjana Mengajar di daerah Terdepan, Terluar, Tertinggal.

Dan Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu Universitas yang ikut menjadi tempat dilaksanakannya ujian seleksi secara online maupun Program Pendidikan Profesi Guru nantinya.

Pengawas sedang menverifikasi berkas-berkas persyaratan ujian

Tepatnya hari Selasa dan Rabu tanggal 1 dan 2 Juli 2014 diadakan ujian SM-3T secara online dengan menggunakan fasilitas Layanan Internet Mahasiswa UNY di UPT Pusat Komputer. Peserta yang mengikuti ujian online SM-3T di UNY berjumlah 800 an orang, dan gedung Layanan Internet Mahasiswa UNY hanya dapat menampung peserta sebanyak 200 an setiap sesi. Maka selama dua hari dapat dibagi menjadi 4 sesi.

Kegiatan ujian online tersebut serentak dilaksanakan oleh seluruh PT di indonesia yang ikut melaksanakan program SM3T ini. Dan secara keseluruhan peserta SM-3T angkatan IV tahun 2014 berjumlah kurang lebih 14.000 peserta. Dengan jumlah peserta segitu banyaknya server yang berada di UNNES sempat mengalami gangguan teknis di hari pertama pelaksanaan ujian. Sehingga semua sesi di hari pertama atau tanggal 1 Juli tidak dapat melaksanakan ujian secara keseluruhan, dan ditangguhkan pelaksananya pada hari Kamis tanggal 3 Juli 2014.

Dalam kegiatan ini pun seluruh teknisi UPT Pusat Komputer UNY terlibat langsung dalam pelaksanaannya, namun tidak dapat berbuat banyak ketika terjadi trouble di server pusat.

Dihari kedua alhamdulillah ujian dapat berjalan lancar meskipun masih ditemui beberapa kendala teknis yang bersifat kasuistik dan tidak menjadi kendala kepada seluruh peserta ujian.

Kemudian setelah seluruh peserta mengikuti ujian secara online akan mengikuti juga ujian wawancara bagi peserta yang dinyatakan lolos pada hari dan tanggal yang sudah ditetapkan oleh panitia pusat. 

 

Error | UPT Pusat Komputer Universitas Negeri Yogyakarta

Error

The website encountered an unexpected error. Please try again later.