Workshop Sistem Informasi P2B LPPMP UNY

Untuk membekali keahlian bagi staf Pusat Pengembangan Bahasa LPPMP Universitas Negeri Yogyakarta yang berjumlah 5 orang, UPT Puskom diminta untuk menjadi nara sumber dalam kegiatan workshop peningkatan sumber daya manusia terutama dalam bidang sistem informasi berupa website yang nantinya akan dikelola oleh kelima staf P2B LPPMP tersebut.

Sesuai surat permohonan dari LPPMP dengan Nomor 502/SEKR.P2B.I.LPPMP.UNY/VIII/2014 tertanggal 26 Agustus 2014 tentang permohonan workshop, maka UPT Pusat Komputer langsung merespon dengan menghadirkan 2 narasumber sebagai Pemateri website. Yaitu Rusnandar, A.Md dan Henry Lutfidwianto S., S.Pd.T.

Workshop dijadwalkan akan berlangsung selama 3 hari dimulai tanggal 27 Agustus 2014 hingga 29 Agustus 2014. Dalam workshop ini kelima peserta dibekali dengan berbagai teknis pengelolaan website P2B yang sudah ada untuk selanjutnya dikembangkan dan lebih dihidupkan dalam setiap postingan.

Di dalam kegiatan workhsop ini peserta dilatih mulai dari posting berita hingga mengenal seluk beluk konfigurasi di dalam admin website. Tentu saja hal ini merupakan hal baru bagi mereka, karena sistem yang digunakan untuk membangun sistem informasi di P2B LPPMP UNY memakai CMS Drupal. Yaitu CMS yang memiliki sistem keamanan paling kuat apabila dibandingkan dengan CMS-CMS lain yang banyak beredar di internet. Tentu saja CMS Drupal ini merupakan CMS yang open source alias gratis, jadi bisa lebih fleksibel untuk dikembangkan oleh administratornya.3

Setiap materi yang disampaikan oleh narasumber pun nampak semua peserta antusias mengikutinya walaupun terasa sulit dan berat karena langsung diberikan tugas praktek sebagai latihan dalam mengelola website ini.

 

Error | UPT Pusat Komputer Universitas Negeri Yogyakarta

Error

The website encountered an unexpected error. Please try again later.